Selamat Datang di Website Resmi Kota Pariaman

Artikel

9 Tahun Kota Pariaman, Terus Membangun Ketertinggalan

Darwisman *)
Selasa, 05 Juli 2011
9 Tahun Kota Pariaman, Terus Membangun Ketertinggalan

Darwisman

Tidak terasa pada tanggal 2 Juli 2011 mendatang, kota 'tabuik' Pariaman sudah genap berumur sembilan tahun. Diusianya yang ke-9, kota kecil yang terletak dipinggir pantai ini makin 'tacelak', jika dibandingkan dengan kondisi sembilan tahun lalu jelas kota Pariaman jauh mengalami perubahan.

Datanglah ke kota Pariaman bandingkan dengan kondisi sembilan tahun lalu, jalan dua jalur yang dibangun semenjak beberapa tahun lalu, makin mempercantik wajah kota Pariaman. Pemerintah Kota Pariaman merencanakan akan mengembangkan jalan dua jalur dari batas kota Pariaman di Kuraitaji Kecamatan Pariaman Selatan sampai dengan Padang Birik-birik Kecamatan Pariaman Utara.

Meskipun jalan dua jalur tersebut belum seluruhnya rampung dikerjakan, namun pembangunannya terus berlanjut hingga saat ini. Baru-baru ini Walikota Pariaman Mukhlis Rahman kembali menyerahkan 30 persil ganti rugi lahan perluasan jalan jalur dua jalur Toboh Palabah-Padang Birik - birik kepada masyarakat yang lahannya terkena pembangunan dua jalur tersebut.

"Kita berharap pembangunan dua jalur ini akan dapat dituntaskan secepatnya. Alhamdulillah kita mendapat dukungan masyarakat," ungkap Mukhlis Rahman.

Kota Pariaman meskipun berdasarkan hasil evaluasi Kementrian Dalam Negeri terhadap daerah pemekaran, belum begitu mengembirakan namun tidak mematahkan semangat Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama jajarannnya, untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki kota Pariaman saat ini. Baik itu potensi wisata, potensi perdagangan dan jasa, potensi pertanian, potensi perikanan dan kelautan dan potensi kerajinan dan potensi industri rumah tangga

Berbagai potensi yang dimiliki kota Pariaman diatas. Jikalah digarap dan dikelola secara sungguh-sungguh, tentu akan mendatangkan hasil yang sangat bermanfaat bagi kemajuan kota Pariaman ini dimasa akan datang.

Potensi wisata saja misalnya, kalau benar-benar digarap secara serius dipastikan Kota Pariaman akan menjadi daerah tujuan wisata andalan.

Khususnya untuk wisata bahari, jika dibandingkan dengan daerah lainnya yang memiliki pantai di Sumatera Barat ini keindahan pantai Pariaman memang tidak ada duanya.

Untuk mendukung para wisatawan ke Pariaman baru-baru ini telah mulai dioperasionalkan rumah 'tabuik' yang diharapkan akan mendukung pariwisata kota Pariaman. Tidak itu saja, Pemko Pariaman juga tengah mengembangkan objek wisata pulau angso yang diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin menghabiskan masa-masa liburnya di Kota Tabuik Pariaman.

Untuk mengembangkan pariwisata Kota Pariaman kedepannya yang perlu dipikirkan Pemerintah Kota Pariaman, bagaimana bisa membujuk investor untuk membangun hotel yang lebih representatif di Kota Pariaman. Karena dengan kondisi hotel yang ada sekarang nampaknya belum memadai untuk menunjang sektor pariwisata. 

Penulis optimis, jika Pariaman memiliki hotel yang cukup respresentif, Kota Pariaman dipastikan akan dilirik banyak orang untuk menggelar kegiatan-kegiatan bertaraf nasional maupun internasional, baik itu kegiatan partai politik, agenda-agenda daerah tingkat propinsi maupun agenda-agenda nasional.

Selama ini karena fasilitas hotel kurang memadai, maka pembuat acara lebih banyak mengelar acara di Kota Bukittinggi. Bahkan penulis lihat DPRD Kota Pariaman sendiri lebih memilih kota Bukittinggi untuk membahas anggaran ketimbang di Kota Pariaman. Ini bisa terjadi karena fasilitas yang dimiliki hotel di Kota Pariaman saat ini belum memadai.

Kemudian kita lihat pula di sektor pendidikan, jika dibandingkan dengan kondisi sembilan tahun yang lalu kota Pariaman jauh mengalami perubahan. Ini ditandakan dengan mulai banyak hadirnya Perguruan Tinggi di Kota Pariaman, kalau sebelumnya hanya ada STIE-SB, STIT Syekh Burhanuddin kini telah bertambah dengan hadirnya Akademi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi.

Demikian juga halnya dengan sektor perdagangan, jika dibandingkan kondisi sembilan tahun lalu, Pasar Pariaman aktivitas perdagangan dewasa ini lebih sibuk dengan kondisi sembilan tahun lalu. Kalaulah pasar Pariaman juga berdiri pasar grosir seperti di Bukittinggi, dipastikan pedagang yang berasal dari Pasaman Barat, Lubuk Basung akan memilih berbelanja ke kota Pariaman, karena letaknya yang jauh lebih dekat dari Kota Bukittinggi. Ini adalah Pekerjaan Rumah (PR) Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama jajarannya, sehingga kedepannya kota Pariaman betul-betul menjadi lirikan oleh masyarakat dari segala penjuru.

Penulis menyadari memang tidak ringan tugas yang mesti dilakukan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam membangun kota 'tabuik' ini bersama jajarannya. Karena gempa yang terjadi tanggal 30 September 2009 lalu, telah meluluhlantakan sarana dan prasana perkantoran milik Pemerintah Kota Pariaman, begitu pula dengan sarana pendidikan, rumah ibadah dan rumah-rumah masyarakat, sehingga Walikota Pariaman harus focus pula membenahi sarana dan prasana yang rusak tersebut, sehingga pula aktivitas pemerintahan dalam melayani masyarakat kembali dapat berjalan dengan normal. 

Selama Ulang Tahun Kota Pariaman, Semoga di Usia yang ke-9 ini Kota Pariaman yang baru saja disinggahi peserta Tour De Singkarak akan dapat lebih berkembang lagi. ***

*) Penulis adalah wartawan www.sumbaronline.com

Share on:

Komentar

Darwisman
Koto Mambang Nagari Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman
Jumat
08 Juli 2011 | 09:44:00 WIB
Terima kasih Bapak Pengasuh Website Pemko Pariaman. Alhamdulillah sumbangan tulisan saya untuk kota kami, kota kita dapat menjadi masukan bagi Bapak Mukhlis Rahman dalam membangun Kota Pariaman lebih baik lagi.Sekali lagi selamat ulang tahun kota pariaman yang kucinta dan yang kusayang. Wassalam Darwisman  
Syaiful Azman
Pariaman
Jumat
08 Juli 2011 | 14:56:00 WIB
pengembangan pariwisata yang islami merupakan visi dari kota pariaman, tetapi saat ini konsep pengembangan yang konkrit belum kelihatan, sampai sekarang kita belum melihat RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah)yang defenitif. untuk itu perlu hierarki perencanaan yang jelas agar keberadaan pariwisata itu sendiri dapat berlangsung secara berkelanjutan!! 
ajhoo kuniang
banda aceh
Jumat
09 Maret 2012 | 16:48:00 WIB
piaman nan laweh,,, ondeh mande kanduang jan lupoan anak nagari baraja agamo jo kasantunan, supayo elok anak jo nagari ranah minang... 

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Informasi

Alamat Kontak

Jl. Imam Bonjol No 44 Kota Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia

Telpon:

(0751) 92202

Fax:

(0751) 91012

E-Mail:

info[at]kotapariaman.go.id

MAJALAH TABUIK Kota Pariaman

Majalah Tabuik Milik Pemko Pariaman yang diterbitkan Bagian Humas Setdako Pariaman berhasil meraih juara I Anugerah Media Humas Tingkat Nasional Tahun 2010 kategori penerbitan internal media cetak..

Majalah Tabuik Edisi 14

Foto Terbaru Kota Pariaman

Galeri foto dan foto utama tentang Kota Pariaman

  • Wawako Pariaman : Kami Tidak Mau Anak-anak Kami Menjadi...
  • TRC BPBD KOTA PARIAMAN GELAR KEGIATAN DIKLAT
  • DPRD Kota Pariaman Sepakati Dua Ranperda
  • Bantuan RTLH Segera Direalisasikan
  • Kembangkan Wisata, Pemko Pariaman Gandeng PT. KAI
  • Wawako Pariaman Buka Sosialisasi BPJS Kesehatan
  • KUBE Harapan Kita Pauh Timur  Wakili Kota Pariaman
  • Wawako Pariaman Tinjau Pelaksanaan UN
  • Wawako Pariaman : Trauma Bukan Sakit Jiwa
  • Wawako Tinjau Lahan Parkir Pantai
  • Dukung Kebersihan, Pemko Pariaman Adakan Goro Masal di...
  • Wako Pimpin Rapat Persiapan TDS
  • Wako Launcing Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan...
  • Walikota dan Wawako Pariaman Gunakan Hak Suara
  • Wako dan Wawako Tinjau Kesiapan Logistik di TPS Kota...
  • Wako Launcing Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan...
  • Wawako: Kota Pariaman Perlu Perubahan di Bidang Pendidikan
  • Kota Pariaman siap melaksanakan Pemilihan Umum
  • Wako Pariaman: Wirid untuk Mengisi Rohani Kita
  • Wawako Lepas Utusan Kota Pariaman Ke Philipina

Media Sosial Kota Pariaman

Media Sosial Lainnya

Home | Profil | Fasilitas | Pelayanan | SKPD | Pariwisata | Potensi Daerah | Berita | Artikel | Pengumuman | Agenda Kegiatan | Peraturan Daerah

 

Copright © 2013 Website Resmi Pemerintah Kota Pariaman. All rights reserved. W3C standart web site valid xhtml and css

Desig by DimensiTekno© - Powered by DimensiHost